Barcelona berhasil menyegel gelar pemenang La Liga musim 201-2019 pada Jornada ke-35. Menjamu Levante di Camp Nou, El Blaugrana menang dengan skor tipis 1-0.

Gol penentu gelar pemenang Barcelona dicetak bintang andalan mereka, Lionel Messi, yang masuk sebagai pemain substitusi di babak kedua.
Jalannya Pertandingan

Sedangkan sang pelatih, Ernesto Valverde, memilih menyimpan Lionel Messi, Barcelona tetap tampil dominan sejak permulaan lomba. Mereka segera menggempur pertahanan Levante sejak wasit meniupkan peluit pedoman lomba dimulai.

Baru lima menit lomba berjalan, Aitor Fernandez telah membikin dua penyelamatan krusial. Di menit kedua, ia menggagalkan tembakan Suarez dengan kakinya, sementara di menit kelima, ia menepis tembakan terukur Philippe Coutinho.

Dominasi Barcelona terus berlanjut. Lenglet sempat mengancam lewat sundulan, memanfaatkan skema sepak pojok, tetapi bola masih melebar dari gawang Aitor.

Secara garis besar tuan rumah mendominasi jalannya lomba, tetapi regu tamu berhasil bermain dengan disiplin untuk menahan mereka.

Di menit ke-20, Barcelona menerima dua kans emas. Kesempatan pertama kembali diwujudkan Luis Suarez yang bermanuver di sisi kiri serangan Barcelona dan melepaskan tembakan dengan kaki kanannya, tetapi lagi-lagi Aitor sanggup menepis kans hal yang demikian.

Enam menit berjeda giliran Jordi Alba mengirimkan umpan silang ke kotak terlarang Levante, tetapi bola yang disundul Coutinho, mengarah tepat ke Airtor.

Di sisa babak pertama ini dominasi Barcelona tak berubah. Mereka terus menggempur pertahanan Levante, sementara regu tamu terus bermain dengan solid sembari kadang-kadang melancarkan serangan balik.

Memasuki akhir babak pertama Barcelona kembali hampir membuka keunggulan, tembakan bebas Philippe Coutinho berhasil lewat pagar betis, tetapi bola mengarah ke mistar gawang sehingga gagal berbuah gol. Skor 0-0 bertahan sampai wasit meniupkan peluit pedoman selesainya babak pertama.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, kedua pelatih mengerjakan pergantian pemain. Ernesto Valverde menarik keluar Philippe Coutinho dan digantikan dengan Lionel Messi. Sementara di kubu regu tamu, pelatih Paco Lopez menarik keluar Moses Simon untuk digantikan dengan Jose Luis Morales.

Masuknya Messi ke skuat Barcelona segera berdampak besar. Aliran permainan Barcelona menjadi lebih pesat dan mereka semakin agresif dalam menggempur pertahanan Levante, sementara regu tamu masih bermain dengan disiplin di babak kedua ini.

Dala, 15 menit pertama, Barcelona yang tampil dominan tak memiliki kans yang cukup berarti. Mereka sempat mengancam lewat tembakan keras Ivan Rakitic dan tembakan melengkung Ousmane Dembele, tetapi bola masih melebar dari gawang Aitor.

Gol yang ditunggu-tunggu alhasil tercipta di menit ke-62. Lionel Messi yang memecah kebuntuan. Bola umpan sundulan Vidal berhasil dikonversikan menjadi gol berkat tembakan mendatar yang tak sanggup dihalau Aitor. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Barcelona.

Ketinggalan satu gol membikin Levante mengubah gaya bermain. Mereka menjadi lebih agresif dalam menyerang gawang Barcelona. Berselang satu menit pasca gol Messi mereka segera mengancam sesudah Mayoral lolos jebakan offside dan berhadapan satu lawan satu dengan Marc Andre Ter Stegen. Melainkan, peluangnya itu masih bisa dihalau kiper asal Jerman hal yang demikian.

Empat menit berjeda giliran Morales yang mengancam gawang Ter Stegen, cuma ia tak membatasi bola dengan baik sehingga tembakannya masih menjulang di atas mistar gawang Barcelona.

Di pertengahan babak kedua, kedua pelatih kembali mengerjakan pergantian pemain. Di kubu Levante, Nikola Vukcevic ditarik keluar dan digantikan Enis Bardhi sementara di kubu Barcelona, Arthur dipanggil keluar, digantikan Sergio Busquets.

Di menit ke-75, Barcelona menerima sebuah kans emas lewat tembakan roket Arturo Vidal. Melainkan, tembakan itu kurang terkontrol sehingga bola masih menjulang di atas gawang Aitor.

Di sisa babak kedua, dua pelatih kembali mengerjakan pergantian terakhir mereka. Di kubu tuan rumah, Ousmane Dembele ditarik keluar untuk digantikan Sergi Roberto sementara Levante mengganti Ruben Rochina dengan Roger Marti.

Jual beli serangan di sisa babak kedua terus berlangsung. Barcelona masih mendominasi lomba sementara Levante mengancam lewat serangan balik mereka.

Di menit ke-87, Levante hampir merusak pesta pemenang Barcelona sesudah Borja Mayoral melepaskan tembakan yang luput dari pengawasan Ter Stegen. Melainkan, bola cuma mengenai mistar gawang Barcelona dan bola pantulan berhasil diamankan Ter Stegen.

Jual beli serangan terus terjadi, tetapi sampai wasit meniup peluit panjang pedoman selesainya lomba, skor 1-0 tak berubah untuk keunggulan Barcelona.

Berkat kemenangan ini, Barcelona resmi dinobatkan sebagai pemenang La Liga musim 2018-2019, di mana gelar ini ialah gelar ke-26 mereka sepanjang sejarah. Sementara Levante mesti tertahan di peringkat ke- 15.

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Arthur (Busquets 75′), Vidal, Rakitic; Coutinho (Messi 46′), Suarez, Dembele (Roberto 84′)

Pelatih: Ernesto Valverde

Levante (4-1-4-1): Fernandez; Luna, Pier, Vezo, Coke; Vukcevic (Bardhi 65′); Simon (Morales 46′), Campana, Rochina (Marti 84′), Jason; Mayoral

Pelatih: Paco Lopez

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *